in linux

manual : cfdisk ( create partision )

image_pdfimage_print

Mulai cfdisk

 

Anda mulai cfdisk dari baris perintah dengan perintah

cfdisk / dev / sdx

 

di mana x adalah hardisk SCSI surat, seperti a, b, c, d, dll Jadi jika saya ingin partisi harddisk pertama pada kontroler SCSI, saya akan masukkan perintah

 

cfdisk / dev / sda

 

Cara menggunakan cfdisk

1. User interface

Setelah Anda telah memulai cfdisk Anda akan mendapatkan sebuah antarmuka di mana tabel partisi saat ini terdaftar dengan nama dan beberapa data tentang setiap partisi, dan beberapa tombol perintah pada bagian bawah layar. Untuk beralih antara partisi, gunakan atas dan bawah tombol panah. Untuk beralih antara perintah, gunakan tombol panah kiri dan kanan.

 

2. Menghapus sebuah partisi

Untuk menghapus partisi yang ada, sorot dengan tombol atas dan bawah, pilih perintah Hapus dengan tombol panah kiri dan kanan, dan tekan Enter.

 

3. Membuat partisi baru

Untuk membuat partisi baru, pilih perintah New dengan tombol panah kiri dan kanan, dan tekan enter. Anda akan mendapatkan pilihan antara primer dan partisi logical. Jika Anda ingin partisi logis, program secara otomatis akan membuat partisi extended untuk Anda. Kemudian Anda harus memilih ukuran partisi (dalam MB). Jika Anda tidak dapat memasukkan nilai dalam MB, kembali ke layar utama dengan tombol Esc, dan pilih MB dengan perintah Unit.

 

4. Mengatur jenis partisi

Untuk mengatur tipe partisi, untuk PReP bootable, Linux swap atau Linux ext2, sorot partisi sebenarnya, dan pilih perintah Jenis. Anda akan mendapatkan daftar lebih dari jenis yang berbeda. Tekan ruang, dan Anda akan mendapatkan bahkan lebih. Cari jenis apa yang Anda butuhkan, dan masukkan nomor pada prompt.

 

5. Membuat partisi bootable

Untuk dapat boot dari partisi primer, Anda perlu membuatnya bootable. Sorot partisi aktual dan pilih perintah Bootable.

 

6. Menulis hasilnya ke disk dan keluar

Ketika Anda puas dengan tata letak disk, pilih perintah Menulis. Tabel partisi akan ditulis ke disk. Ingatlah bahwa ini akan menghancurkan semua data pada partisi Anda telah dihapus atau diubah. Oleh karena itu Anda harus sangat yakin bahwa Anda ingin melakukan hal ini sebelum benar-benar tekan tombol Kembali.

 

Write a Comment

Comment

Webmentions

  • Cara membuat partisi dan format pada Ubuntu/Debian/Centos/ | .: Ribhy BloG :.

    […] About « manual : cfdisk ( create partision ) […]